Monday

Cara Melihat Partisi Linux di Windows

Cara Melihat Partisi Linux di Windows



Anda ingin membaca atau mengambil file pada partisi linux menggunakan windows? Atau ingin membackup data penting pada partisi linux menggunakan windows? Berikut kami sampaikan bagaimana cara mengambil file pada partisi linux menggunakan windows.

Saat ini, kebanyakan pengembang sistem operasi linux menggunakan Extended File System 4 sebagai default partisi hardisk dari distribusi linux yang mereka kembangkan. Sementara, bagi yang menggunakan linux versi sebelumnya, mungkin yang anda pakai adalah format partisi sebelumnya yaitu Ext2 maupun Ext3.

Jika ingin membaca file pada Extended File System menggunakan OS windows, anda bisa melakukannya dengan alikasi  kecil yang dinamakan Ext2Explore yang bersifat open source dan bisa didownload dengan gratis.

Berikut kami berikan tutorial bagaimana cara membaca partisi linux menggunakan aplikasi Ext2Explore di Windows.

Download aplikasi Ext2Read ke PC atau notebook. (Link download ada di bagian akhir artikel)
Ekstrak file ZIP yang telah didownload menggunakan 7Zip, WinZip atau WinRar.
Jalankan file Ext2Explore yang telah diekstrak tadi.
Jika menggunakan Windows XP, anda tidak akan menemui banyak masalah karena aplikasi sepertinya memang dibuat untuk Windows XP. Tetapi, jika menggunakan Windows 7, anda mungkin harus merubah properties-nya agar kompatibel dengan windows 7. Caraya, klik kanan Ext2Explore, pilih properties dan lanjutkan dengan mengeklik Tab Compatibility. Selanjutnya beri tanda pada bagian Run this program in compatibility for dan pilih Windows XP (Service Pack 3).


Compatibility Windows XP on Windows 7
Klik tombol OK dan jalankan aplikasi tersebut.Setelah itu, aplikasi Ext2Explore secara otomatis akan mendeteksi partisi linux pada komputer.


Ext2Explore pada Windows
Jika menemukan kesalahan atau terjadi error saat pembacaan, coba tutup dan buka lagi aplikasi ini. Pastikan juga anda login menggunakan user administrator, bukan user yang lain.
Jika ingin menyimpan file pada partisi windows, klik kanan file yang akan disimpan dan klik Save.

Simpan file partisi linux pada partisi windows


Tunggu sampai proses copy selesai, baru anda bisa membuka file hasil cpoy tersebut.
Proses penyimpanan file Ext2 pada Windows
Jangan lupa tutup aplikasi Ext2Explore jika selesai menggunakannya.

Kesimpulan!

Meskipun dengan tips ini anda tidak bisa menyimpan atau merubah isi file pada partisi Linux, setidaknya anda bisa membaca dan mengkopinya ke partisi windows jika dibutuhkan. Solusi menarik bagi yang punya dual OS tanpa harus melakukan restart komputer.

Link download!
Aplikasi Ext2Read di website SourceForge

Selamat mencoba dan perluas wawasan anda tentang dunia teknologi dan informasi dengan mengikuti update cara-oke.blogspot.com :)