Tuesday

Udara sehat dengan motor irit standar emisi Euro 3

Udara sehat dengan motor irit standar emisi Euro 3

Mengurangi polusi bisa menciptakan Udara sehat di indonesia, dengan motor irit standar emisi Euro 3 di harapkan tingkat gas beracun yang di keluarkan oleh sepeda motor berbahan bensin ini jadi berkurang. seperti pada logika teori pembakaran pada motor, pengabutan dan pembakaran yang tidak sempurna bisa mengakibatkan pemborosan bahan bakar dan terciptanya gas beracun yang berbahaya yang di keluarkan dari asap kenalpot kendaraan kita.
Udara sehat dengan motor irit standar emisi Euro 3
Sebenarnya di indonesia sudah di terapkan Emisi Euro 2 sudah sejak lama. Standar emisi EURO mulai di berlakukan pada tahun 1992. Tahun 1996 standar emisi EURO 2 diperkenalkan dengan sasaran kendaraan jenis bus dan truk (mobil). Standarisasi EURO dijalankan dengan penuh ketelitian dan dilakukan secara bertahap. Jika standarisasi ini dijalankan secara sembarangan bisa kita bayangkan betapa rusaknya kualitas udara kita saat ini. Indonesia saat ini sudah menerapkan EURO 3, tapi masih banyak kendaraan pribadi atau umum yang masih dengan standar emisi EURO 1. Standar emisi ini sangat berperan sekali dalam kelestarian lingkungan khususnya kualitas udara. kenapa masih di langgar? di mungkinkan karena peraturan dan sanksi dari pemerintah yang kurang tegas, serta kesadaran/pengetahuan pengguna yang kurang.
Pemberlakuan standart emisi EURO 3 akan memberikan keuntungan bagi semua pihak, baik masyarakat, konsumen otomotif, maupun pemerintah dan industri.  Bagi konsumen, jelas penggunaan standar Euro 3 akan menjadikan kendaraan motor hemat bahan bakar berbasis motor injeksi irit . dengan emisi gas buang makin sedikit, sehingga lebih ramah lingkungan dan udara sehat. otomatis akan berdampak ongkos belanja bahan bakar jadi berkurang dan beban biaya kesehatan akibat penurunan kualitas udara.
seperti dapat dilihat pengguna motor / jumlah kendaraan makin banyak, terjadi peningkatan pemanasan global, yang dipicu oleh tidak terkendalinya  gas buang  yang disemburkan milyaran kendaraan tersebut.
Maka standar emisi  Motor irit hemat bahan bakar ini sangat penting sekali, hal yang mempengaruhi gas buang juga adalah kualitas bahan bakar yang kita produksi (dalam hal ini bensin bersubsidi premium). BBM yang diproduksi di Indonesia sendiri hanya mempunyai kualitas standar emisi EURO 2. Untuk itulah Indonesia belum meningkatkan standar emisi ke EURO 4.
Produsen sepeda motor di indonesia harus siap menerapkan standar emisi Euro 3, selama pemerintah mampu menyediakan bahan bakar yang sesuai. "Secara teknologi kami tidak ada masalah. Tinggal tunggu bagaimana kesiapan pemerintah," kata Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Gunadi Sindhuwinata,
Menurut Gunadi, saat ini seluruh motor yang diproduksi di Indonesia sudah menggunakan standar emisi Euro 2. biasa sepeda motor masih memakai sistem karburator.
Pabrikan tinggal menyiapkan tambahan investasi untuk memproduksi mesin yang sesuai dengan Euro 3. "Yang penting ada keseimbangan antara mesin dan bensin, sehingga tidak memicu kerusakan," kata Gunadi. Dia menyatakan, produsen motor domestik kini juga mulai gencar memasang sistem injeksi, seperti di Yamaha Vixion, Honda Supra PGM, dan Honda Revo A/T, Honda Vario Matic, Yamaha Matic Mio J, Mio Matic FINO.rata rata motor matic yang di genjot dalam penjualannya.
Sistem Motor Matic Injeksi Irit Harga Murah dapat menghasilkan mesin yang irit bahan bakar jika dikombinasikan dengan sistem elektronik yang baik, hanya saja teknologi injeksi masih mahal lantaran populasinya masih sedikit. "Sekarang ini kami fokus mengembangkan mesin kecil tapi memiliki tenaga besar. Trennya sekarang seperti ini," kata Gunadi.
Tapi ada juga Motor Matic Injeksi Irit Harga Murah - Yamaha Mio j yang harganya tergolong murah 12 jutaan. hayo kita mulai pikirkan kesehatan udara di sekitar kita.
sumber : google / mencomot berbagai sumber