Saturday

Melangsingkan badan tidak harus dengan Diet Ketat dan Puasa

Melangsingkan badan tidak harus dengan Diet Ketat dan Puasa



Agar program penurunan berat badan mencapai hasil yang maksimal Anda harus paham rumus ini: kalori yang masuk harus sama dengan kalori yang keluar. Dan, kalori yang tidak keluar, maaf saja, akan disimpan dalam tubuh sebagai lemak.

Sementara itu, jika kita membakar kalori lebih banyak dari yang masuk, alhasil, berat badan Anda akan ikut turun. Oleh sebab itu cara agar Anda tidak bertambah gemuk meski usia bertambah sangat sederhana, kurangi kalori!

Mengurangi asupan kalori bisa dilakukan dengan cara beralih ke makanan rendah kalori. Namun sebaiknya Anda tidak berlebihan dalam menjalankan program diet. Pasalnya, tubuh akan mengira Anda sedang kelaparan. Alih-alih membakar lemak, metabolisme tubuh akan menjalankan langkah-langkah untuk menghadapi situasi darurat, yakni mempertahankan cadangan lemak Anda.

"Menurunkan asupan kalori dengan puasa berlebihan dapat menurunkan basal metabolic rate (kebutuhan minimum kalori saat beristirahat) hingga 30 peresn, hal ini membuat penurunan berat badan jadi sulit," kata Dr.Robert Kushner, MD, direktur Klinik nutrisi dan penurunan berat badan di Universitas Chicago.

Yang dimaksud dengan puasa berlebihan adalah bila asupan kalori kurang dari 600 per hari. Jumlah ini kira-kira setara dengan sepiring nasi goreng. Karena tubuh kita merasa harus menyelamatkan Anda dari kekurangan lemak, ia memilih sumber bahan bakar lain: otot. Jadi, percuma saja Anda diet mati-matian.

Cara paling tepat untuk membakar kalori adalah lewat olahraga minimal 30 menit. Olahraga juga efektif untuk meningkatkan metabolisme sehingga kalori akan terus dibakar sampai berjam-jam kemudian setelah olahraga.